Rabu, 30 Januari 2013

seleksi BDP MNC TV

sedikit cerita pengalaman saya ketika menjadi peserta seleksi bdp mnctv.
bdp adalah sebuah program khusus bagi para fresh graduate yang jika diterima nantinya akan mendapatkan training khusus untuk menjadi karyawan yg handal dan profesional.
proses seleksi bdp mnc tvtidak terlalu lama, kurang lebih hanya 3 minggu.

tahap 1 (tes tertulis dan psikotest)
diawal tes ini, salah seorang hrd mengatakan jumlah pendaftar sebanyak 1500. dan saya menghitung diruangan hanya ada 47 orang. 
tes tertulis berupa tes bahasa inggris dan pengetahuan umum mengenai media. alhamdulilah, saya lulusan ilmu komunikasi jadi tidak mengalami masalah dengan tes ini.^_^
kemudian untuk psikotes, soalnya sejenis dengan buku psikotes yang saya beli di gramedia. sayangnya saya lupa apa judulnya (keburu udah saya bawa pulang ke jawa)
tes ini berlangsung selama 5 jam, tapi jangan khawatir karena kita diberi waktu 30 menit untuk istirahat.
seminggu kemudian,kabarnya yg lolos tahap 1 akan ditelfon untuk mengikuti wawancara.
alhamdulilah,belum genap 1 minggu saya ditelfon untuk mengikuti tes tahap selanjutnya.saya 
langsung girang dan makin kuat ibadahnya.hehe

tahap 2 (interview panel)
menurut saya, dikatakan interview panel karena disitu terdapat 3 interviewer yang menyerbu 1 peserta seleksi bdp.
berbeda dengan tes tahap 1,ketika nama saya dipanggil untuk masuk ke studio tempat dimana saya akan di interview. jantung saya berdebar.saya melangkah dengan ucapan bismilah berulang kali.
jantung makin berdebar ketika saya memasuki studio tv untuk pertama kalinya, bukan untuk menonton konser dan bertemu sang idola melainkan untuk menjual diri dan diuji.studio tersebut minim penerangan, hanya ada 1 lampu ditengah dan tampak di bawah lampu itu 3 interviewer seorang perempuan cantik berjilbab, pria berumur sekitar 30an yg ganteng dan seorang pria tampak paling senior.
studiotersebut sangat dingin dan cukup membuat saya amat sangat tegang dan kaku untuk berjalan menemui 3 interviewer tersebut.
kami bersalaman, perkenalan dan mulai ditanya kesana kemari. tentang dunia berita, media, jurnalistik,politik, budaya.
hingga akhirnya, tanpa disangka-sangka. seorang interviewer yang ganteng itu menyuruh saya untuk on screen menjadi reporter.kikuk kikuk kikuk......tanpa persiapan dan alhasil saya sempat re-take sekali.hahaa
tak hanya itu, saya juga salah menyebut mobil listrik ahmad dahlan "tuxuci" sehingga mereka mengoreksi saya dan tertawa. kalau saya?mringis mringis dan mkin mati gaya. ^_______^
setelah selesai wawancara, sepanjang perjalanan pulang ke rumah pakdhe.saya galau tingkat akut.saya harus kembali menunggu selama 1 minggu dan berharap saya kembali di telfon mnc tv.
shalat saya makin kuat, termasuk shalat duha dan tahajud serta ditambah dzikir tiap mau tidur.
tanpa disangka baru selang 1 hari. 11 januari 2013 hari jumat puluk 5 sore, mnc tv telfon.horeeeeeeeeeeee

tahap 3 (interview user)
jadwal untuk interview hari senin pukul 10.30.tapi pukul 10 saya sudah samapi di tkp. menuruthrd kemarin, saya disuruh menemui bapak Ray Wijaya. oleh karena itu, sebelumnya saya sudah cari tahu tentang siapa bapak Ray Wijaya. beliau adalah pemimpin redaksi mnctv dan juga dosen ilmu komunikasi di universitas indonesia.
melihat background beliau, kemudian saya berpikir untuk mengulang kembali mata kuliah jurnalistik.
interview ini berlangung di ruangan kantor bapak Ray Wijaya.sehingga saat itulah sedikit saya dapat mengetahui kondisi dan budaya kantor mnc tv.karyawan2 yang cantik, pintar dan mapan.tampak dari gaya mereka berjalan dan berpenampilan.saya suka melihatnya...
ruangan kantor dengan bilik2 seperti yang biasa saya lihat di tv. para karyawan yg saling bertegur sapa dan ramah terhadap saya. makin membuat saya ingin segera menjadi dalam bagiannya.
sepulang wawancara, di dalam angkot.saya masih membayangkan jika saya menjadi karyawan di mnc tv, dengan seragam mnc tv yg lengan pendek itu kemudian di beri tambahan manset lengan panjang dengan warna yang seirama dengan kerudungnya. 
ibafah pun makin kuat, shalat wajib maupun sunah tak pernah lewat.
bapak ibu, pacar, orangtua pacar pun makin kuat tanya kabar.
dan alhamdulilah, allah tidak tidur. allah mengabulkan doa saya dan semua orang yang mendoakan saya.....tgl 1 februari 2013,disana perjuangan saya akan dimulai.
finally, Im not unemployed....alhamdulilah ^_^

20 komentar:

  1. aahhh selamat ya anik *injek jempol* :))
    aku gak kepanggil tes kemarin. huhu

    ihh irriii, pengen buruan nyusul :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih mbak...doakan lancar dan barokah ya :)
      Coba cari yang lain mbak, kayaknya metro tv juga ad..smangat!

      Hapus
  2. wah saya senang sekali membacanya mbk, hehe btw saya juga baru daftr ini untuk ikut bdp mnctv tapi belum ada pangggilan karena saya daftr hanya lewat email hehehe tpi katanya closing date un tuk apply katanya masih tgl 10 desember 2013, jadi saya tetap menunggu ini, dulu selang berapa lama mbk antara pedaftar dengan panggilan interviewnya ???? boleh kah tanya2

    BalasHapus
  3. hehe saya ralat pendaftaran dengan panggilan psikotes nya??

    BalasHapus
  4. wah bocorannya dong mba tentang soalnya, hehehehe

    BalasHapus
  5. Saya dapet panggilan juga mbak BDP mnctv disuruh psikotest beaok. Kalo boleh info, pakaiannya gimana ya mbak. Kan kita sama sama berhijab. Apakah harus memakai blazer??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh iya untuk mbak sekar : gmna mbk udh ada pengumuman setelah psikotes kmren, soalnya ak juga dpt panggilan psikotes, tp blm dipanggilan untuk interview. Makash

      Hapus
    2. dipanggil buat interview ga mba..?

      Hapus
  6. aku dpt panggilan buat interview besok, haduuhh ditanyainnya apa ya kira2, maklum di luar background jd dag dig dug,.
    interviewnya pke bhs inggris ga ya ka??
    oh iya, ada yg besok interview jg?

    BalasHapus
  7. Kemarin saya dipanggil untuk interview panel, disana ditanya2 ingin masuk dibagian apa, karna saya pengin jadi dubber,saya bilang ingin menjadi dubber, tapi ternyata posisi tersebut ga ada di mnctv :D, saya peserta yang diinterview paling cepet kayana, sempet down..dan merasa kayanya saya ga menarik,soalnya ko cuma bentar diinterview panel nya :(, tapi alhmdllh keesokan hari nya saya ditelpon untuk interview dengan bapak hafids hari senin besok 13 januari 2014, mohon petunjuk nya mbak...kira2 apa yg perlu d siapkan? Oia maaf, saya sempat belum maksud dngan penalti, penalti itu berupa denda uang ya? Kira2 berapa ya besarrnya...hehehe soalnya kata2 itu hadir di mimpi...hehe
    Makasihhh mbakk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mbak, mbak interviw Kamis, tgl 9 januari juga ya, udah dipanggil utk interviw user ya? wah saya kayaknya gak lolos nih, abis blm dipanggil :). Sukses ya mbak :)

      Hapus
  8. Mbak, Saya mau bertanya. Interview dgn bapak ray wijaya ditanya tentang apa aja ya? Terima kasih

    BalasHapus
  9. Ba anik, saya mau tanya waktu apply bdp mnc lewat website atau email ya? Lalu berapa lama proses diberitahu lolos cv atau tidaknya? Mohon balasannya, terima kasih:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya jumat malam kemarin dapat email untuk mengikuti psikotes bdp mnc mbak

      Hapus
    2. Saya jumat malam kemarin dapat email untuk mengikuti psikotes bdp mnc mbak

      Hapus
    3. Mba dian bagian apa? saya juga psikotest hari kamis kemarin.

      Hapus
  10. mbak dian,. psikotesnya yang rabu apa kamis?butuh waktu brpa lama mbak dian?apa PAPI, PAULIN, dan Wartegg?atau logika biasa mbak?thanks

    BalasHapus
  11. Penilaian psikotesnya gimana ya? kemarin saya ikut psikotest tp ragu soalnya susah :(

    BalasHapus
  12. Adik adik mohon maaf, blog ini lama off. Adminnya kemarin kemarin sibuk ngejar berita. Semoga kalian semua sukses yaaa, jangan lupa ibadahnya...

    BalasHapus
  13. numpang tanya, sudah ikutBDP nya ya berarti?? apa aja kegiatanya ya ?

    BalasHapus